Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang

  • Ayo Kita Sekolah
    Ayo Kita Sekolah

    Kaeh Ite Sakolah (Ayo Kita Sekolah) adalah bahasa Bakatik (sub suku Dayak di Kab. Bengkayang) yang disampaikan Bupati kepada masyarakat akan arti pentingnya pendidikan.

  • DR. Yan
    DR. Yan

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang

  • Gunung Bawang
    Gunung Bawang

    Gunung yang menjulang di Kabupaten Bengkayang ini nampak dari semua sisi kota Bengkayang. Pegunungan ini merupakan salah satu kekayaan pariwisata di Kabupaten Bengkayang dan menjadi salah satu kunjungan wisata daerah.

  • Pulau Lemukutan
    Pulau Lemukutan

    Dari sejumlah 12 pulau yang ada di Kabupaten Bengkayang, semuanya terletak di wilayah perairan Laut Natuna. Pulau terbesar yang berpenghuni adalah Pulau Lemukutan dan Pulau Penatah Besar.

Visi Misi

Visi dan Misi Disdikbud Kabupaten Bengkayang. klik di sini

Sasaran & Kebijakan

 

Sasaran dan Kebijakan Strategis.Klik di sini

Program & Arah

 

Program dan Arah.Klik di sini

Prioritas Program

Prioritas Program Pendidikan.Klik di sini

Smaller Default Larger

Laporan DAK

RAKER UPT Se-Kabupaten Bengkayang Tahun 2013

Raker Upt Demi terwujudnya Pengelolaan Keuangan Sekolah yang Efektif, Efisien, Transparan dan Akuntabel, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang mengadakan Rapat Kerja Perencanaan Kependidikan pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang yang di laksanakan pada hari kamis, tanggal 28 November Tahun 2013.

Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Lala Golden Bengkayang, yang di hadiri oleh Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bengkayang DR. Yan, S.Sos, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kab. Bengkayang Drs. Munir, M.Pd beserta staf dan jajaran Dinas Pendidikan Kab. Bengkayang.

Acara tersebut juga di hadiri oleh 3 orang dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Kalimantan Barat selaku Narasumber dan di ikuti oleh kurang lebih 344 orang Kepala Sekolah Se-Kabupaten Bengkayang dari seluruh Tingkat Pendidikan yang ada.Acara tersebut di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bengkayang Dr. Yan, S.Sos.,M.Si, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, S.Pd yg sedikit memberikan wejangan berupa pesan-pesan agar bijak dalam pengelolaan keuangan sekolah untuk para peserta kegiatan. tak lupa Bupati Bengkayang juga menyampaikan kepada para peserta agar mengikuti acara dengan hikmat dan menanggapi dengan seksama apa yang di sampaikan oleh para narasumber dari IAI.

Adapun maksud dari diadakannya kegiatan tersebut adalah, agar setiap sekolah dari setiap jenjang pendidikan yang ada baik itu SD, SMP, SMA/SMK dapat mengelola keuangan sekolah dengan baik dan terstruktur sesuai dengan prinsip keuangan sekolah yang Efektif, Efisien, Transparan dan akuntabel.

Khusus untuk pengelolaan Dana Bos secara intensif para narasumber menjelaskan betapa pentingnya pengelolaan dana BOS yang lebih terstruktur dengan baik sesuai dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). di harapkan para peserta setelah mengikuti acara ini dapat :

1. Mengerti Dasar Hukum, Prinsip, Alur, dan Proses Penyusunan RKS dan RKAS;

2. Merumuskan program dan kegiatan dalam bentuk RKS;

3. Menentukan skala prioritas program kegiatan;

4. Membuat rencana anggaran sekolah, dan menentukan sumber pendanaannya dalam bentuk RKAS.

Lebih lanjut para narasumber menjelaskan betapa pentingnya kejelasan dalam penggunaan dan BOS serta pelaporan penggunaan dan BOS dan bukti penyertanya agar di kemudian hari pelaporan penggunaan keuangan sekolah semakin baik dan akuntabel.

Powered by Bullraider.com

Kepala Dinas Pendidikan

Salam Sejahtera bagi para pembaca sekalian. Puji dan syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya, sehingga website Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat dapat kami suguhkan bagi para pengunjung yang setia. Website ini, kami bangun sebagai komitmen untuk menyediakan sarana infomasi timbal balik dengan semua pihak dan stakeholders yang membutuhkan informasi tentang dunia pendidikan. Kami mengharapkan saran, pendapat dan masukan yang konstruktif bagi pengembangan pendidikan yang dapat disampaikan melalui kolom komentar yang ada pada setiap artikel di website ini. Besar harapan kami, ketersediaan Website http://disdikbud.bengkayangkab.go.id/ dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Bengkayang yang sejahtera, cerdas, sehat, beriman, demokratis dan mandiri dalam keberagaman, dan pada akhirnya dapat meningkatkan IPM Kab. Bengkayang.

Terima kasih

Kepala Dinas Pendidikan Kab Bengkayang

DR. Agustinus Yan

Login Form

Silahkan masukkan username dan password anda pada kolom di bawah ini

Gambaran Umum Pendidikan

Pemerintahan

Kepala Daerah Kabupaten Bengkayang Kabupaten Bengkayang dipimpin oleh SURYADMAN GIDOT,S.Pd. Beliau menjabat sebagai Bupati Bengkayang periode tahun 2010 - 2015. 

Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu masalah penting yang menjadi perhatian pemerintah. Hal ini dikarenakan tingkat pendidikan masyarakat dapat dijadikan sebagai salah satu indikator yang menunjukkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada suatu bangsa.

Demografi

Berdasarkan hasil data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bengkayang, jumlah penduduk Kabupaten Bengkayang pada tahun 2013 adalah sebesar 273.000 jiwa yang tersebar di 17 kecamatan 122 Desa dan 2 kelurahan.

Non Pendidikan

Keadaan nonpendidikan dimasukkan dalam RPDK Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang karena selama ini terdapat kesan bahwa faktor lingkungan sering kurang diperhitungkan dalam perencanaan pendidikan sehingga timbul berbagai masalah, antara lain:.

Statistik Pengunjung

Hari ini23
Kemarin48
Mingguan180
Bulanan787
Total9160

IP Pengunjung 54.204.134.183 Browser Pengunjung Unknown - Unknown Thursday, 17 April 2014

Who Is Online

Guests : 6 guests online Members : No members online
Powered by CoalaWeb